Cartesi Review: Infrastruktur Linux untuk Aplikasi Desentralisasi yang Dapat Di Skalakan


Mengenal Cartesi dan Layanan Produknya
Cartesi adalah platform lapisan-2 untuk pengembangan dan penyebaran aplikasi terdesentralisasi yang dapat diskalakan atau sebuah infrastruktur Linux terdesentralisasi dan terukur yang memecahkan masalah skalabilitas komputasi dan pengembangan infrastruktur untuk web terdesentralisasi. Erick de Moura merupakan pendiri sekaligus CEO Cartesi, ia memiliki pengalaman 20 tahun dalam bidang arsitek perangkat lunak dan pemimpin teknis. Ia memasuki bidang Blockchain sejak tahun 2017. Tentu saja dengan pengalaman sebelumnya, ia mempelajari dan membuat fasilitas didalam Blockchain, itu tidak sebegitu sulit.

Cartesi DApps terdiri dari 2 komponen yaitu blockchain dan off-chain. Komponen off-chain dijalankan di dalam Cartesi Nodes yang mewakili kepentingan setiap pengguna DApp. Cartesi Nodes sendiri memberi para pengembang DApp mesin Cartesi yang dapat direproduksi, tempat komputasi berskala besar verifikasi dapat dijalankan. Komputasi yang dapat diverifikasi ini mudah diintegrasikan ke dalam kontrak pintar oleh primitif yang kuat yang memberikan jaminan resolusi konflik yang kuat. Lebih tepatnya, setiap perselisihan yang timbul akibat hasil perhitungan yang dijalankan di dalam Mesin Cartesi dapat secara adil diputuskan dengan biaya yang dapat diabaikan pada blockchain.

Mesin Cartesi juga berjalan di bawah sistem operasi host. Namun, program yang berjalan di dalam Mesin Cartesi sama sekali tidak memiliki akses ke sistem operasi host ini. Sebaliknya, mereka hanya dapat mengakses OS target yang sedang berjalan di dalam Mesin Cartesi (port RISC-V Linux). Mesin Cartesi istimewa dalam banyak hal, seperti, mereka sepenuhnya mandiri, tidak ada sumber eksternal entropi yang dapat mengubah keadaan mesin dengan cara yang tidak deterministic, dan juga dapat direproduksi.


Cartesi Punya Token Sendiri, yaitu CTSI
CTSI dirancang untuk mengatasi tantangan dasar yang dihadapi blockchain dalam hal kegunaan dan skalabilitas. Jaringan Cartesi akan mengandalkan protokol PoS untuk menyediakan layanan seperti rantai samping yang dioptimalkan untuk hasil tinggi dan penyimpanan data sementara untuk DApps. Juga digunakan dalam protokol insentif sebagaimana ditentukan dalam Inti Cartesi (whitepaper). Masih banyak informasi yang belum dirilis secara public, termasuk penjualan, dan bagaimana likuiditasnya kedepan. Gabung grup telegramnya untuk informasi besar kedepannya.


Mitra Kerja dan Pendukung Cartesi
Proyek yang sukses, tak mungkin jauh dari kerjasama mitranya. Begitupun dengan Cartesi. Anda dapat menemukan daftar ini di website resminya. Tim Cartesi pun aktif dalam acara AMA (Ask Me Anything), ini memberikan publik kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang Cartesi.


Media dan Informasi Resmi Cartesi
Website: https://cartesi.io/
Whitepaper: https://cartesi.io/cartesi_whitepaper.pdf
Telegram Group: https://t.me/CartesiProject


Writer Information
Telegram username: @poetranelanang
Bitcointalk profile: https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1882218
Your email: wedosgibasbtt@gmail.com

0 Response to "Cartesi Review: Infrastruktur Linux untuk Aplikasi Desentralisasi yang Dapat Di Skalakan"

Post a Comment

> Silahkan berkomentar terkait pembahasan disini.
> Tidak boleh ada yang berbau link spam, phising, pornografi, dan sara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel