Mengenal Cryptocurrency, Beresiko Tinggi Tapi Semakin Diminati


Cryptocurrency adalah uang digital. Itu berarti tidak ada koin fisik atau nyata, semuanya dalam online. Kalian dapat mentransfer cryptocurrency ke seseorang secara online tanpa perantara, seperti bank. Bitcoin dan Ethereum adalah cryptocurrency terkenal, tetapi cryptocurrency baru terus dibuat.

Orang mungkin menggunakan cryptocurrency untuk pembayaran cepat dan untuk menghindari biaya transaksi. Beberapa mungkin menggunakan cryptocurrency sebagai investasi, berharap nilainya terus naik. Anda dapat membeli cryptocurrency dengan kartu kredit atau, dalam beberapa kasus, mendapatkannya melalui proses yang disebut "penambangan". Cryptocurrency disimpan dalam dompet digital, baik online, di komputer Anda, atau di perangkat keras lainnya.

Sebelum Anda membeli cryptocurrency, ketahuilah bahwa ia tidak memiliki perlindungan yang sama seperti ketika Anda menggunakan Rupiah Indonesia. Juga perlu tahu bahwa penjahat, peretas meminta orang untuk membayar dengan cryptocurrency karena mereka tahu bahwa pembayaran seperti itu biasanya tidak dapat dibalikkan.






Cryptocurrency tidak didukung oleh pemerintah.
Cryptocurrency tidak diasuransikan oleh pemerintah seperti deposito bank Indonesia. Ini berarti cryptocurrency yang disimpan secara online tidak memiliki perlindungan yang sama dengan uang di rekening bank. Jika Anda menyimpan mata uang digital dalam dompet digital yang disediakan oleh perusahaan, dan perusahaan tersebut gulung tikar atau diretas, pemerintah mungkin tidak dapat melangkah dan membantu mendapatkan uang Anda kembali seperti halnya dengan uang yang disimpan di bank atau serikat kredit .
Nilai cryptocurrency berubah secara konstan.
Nilai cryptocurrency dapat berubah setiap jam. Investasi yang mungkin bernilai ratusan juta Rupiah hari ini mungkin hanya bernilai ratusan ribu besok. Jika nilainya turun, tidak ada jaminan bahwa itu akan naik lagi.


Berinvestasi dalam Cryptocurrency
Seperti halnya investasi apa pun, sebelum Anda berinvestasi dalam cryptocurrency, ketahui resikonya dan cara menemukan penipuan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda mempertimbangkan pilihan Anda.

Tidak ada yang bisa menjamin Anda akan menghasilkan uang.
Siapa pun yang menjanjikan pengembalian atau keuntungan yang dijamin kepada Anda kemungkinan besar adalah penipu. Hanya karena investasi terkenal atau memiliki dukungan selebriti tidak berarti itu baik atau aman. Itu berlaku untuk cryptocurrency, seperti halnya untuk investasi yang lebih tradisional. Jangan menginvestasikan uang yang Anda, jika tidak ingin kehilangannya.

Tidak semua cryptocurrency atau perusahaan yang mempromosikan cryptocurrency adalah sama.
Lihatlah ke menu kebijakan yang dibuat oleh perusahaan yang mempromosikan cryptocurrency. Setiap situs akan memiliki kebijakan atau peraturan tersendiri terkait penipuan, peretasan, dan kejahatan.

Membayar dengan Cryptocurrency
Jika Anda berpikir tentang menggunakan cryptocurrency untuk melakukan pembayaran, ketahui perbedaan penting antara membayar dengan cryptocurrency dan membayar dengan metode tradisional.


Anda tidak memiliki perlindungan hukum yang sama ketika Anda membayar dengan cryptocurrency.
Kartu kredit dan kartu debit memiliki perlindungan hukum jika terjadi kesalahan. Misalnya, jika Anda perlu mempersengketakan pembelian, perusahaan kartu kredit Anda memiliki proses untuk membantu Anda mendapatkan kembali uang Anda. Pembayaran Cryptocurrency biasanya tidak dapat dibatalkan. Setelah Anda membayar dengan cryptocurrency, Anda hanya bisa mendapatkan uang Anda kembali jika penjual mengembalikannya.

Sebelum Anda membeli sesuatu dengan cryptocurrency, ketahui reputasi penjual, di mana penjual itu berada, dan bagaimana cara menghubungi seseorang jika ada masalah.


Pengembalian uang, mungkin tidak dalam cryptocurrency.
Jika pengembalian uang ditawarkan, cari tahu apakah mereka akan lewat cryptocurrency, dolar AS, Rupiah, atau yang lainnya. Dan berapa pengembalian dana Anda? Nilai mata uang kripto terus berubah. Sebelum Anda membeli sesuatu dengan cryptocurrency, pelajari cara penjual menghitung pengembalian uang.


Beberapa informasi mungkin bersifat publik.
Meskipun transaksi cryptocurrency adalah anonim, transaksi tersebut dapat diposting ke buku besar publik, seperti blockchain Bitcoin. Blockchain adalah daftar publik catatan yang menunjukkan ketika seseorang bertransaksi dengan cryptocurrency. Bergantung pada cryptocurrency, informasi yang ditambahkan ke blockchain dapat mencakup informasi seperti jumlah transaksi. Informasi ini juga dapat menyertakan alamat dompet pengirim dan penerima - serangkaian panjang angka dan huruf yang ditautkan ke dompet digital yang menyimpan cryptocurrency. Jumlah transaksi dan alamat dompet dapat digunakan untuk mengidentifikasi siapa sebenarnya orang yang menggunakannya.






Penipuan Cryptocurrency
Karena semakin banyak orang tertarik pada cryptocurrency, penipu menemukan lebih banyak cara untuk menggunakannya. Misalnya, penipu mungkin menawarkan "peluang" investasi dan bisnis, yang menjanjikan untuk menggandakan investasi Anda atau memberi Anda kebebasan finansial.

Hati-hati dengan siapa saja yang:

  • menjamin bahwa Anda akan menghasilkan uang
  • menjanjikan pembayaran besar yang akan menggandakan uang Anda dalam waktu singkat
  • menjanjikan uang gratis dalam dolar atau mata uang kripto
  • membuat klaim tentang perusahaan mereka yang tidak jelas


Cryptojacking
Cryptojacking adalah ketika penipu menggunakan komputer Anda atau menggunakan script, biasanya dikodekan dalam iklan, ketika seseorang, mengeklik iklan tersebut yang akan bersamaan script akan aktif diperangkat Anda untuk "menambang" cryptocurrency dan untuk keuntungan mereka sendiri, dan tanpa izin Anda. Penipu dapat memasukkan kode berbahaya ke perangkat Anda hanya dengan mengunjungi situs web Anda. Kemudian mereka dapat membantu diri mereka sendiri ke prosesor perangkat Anda tanpa Anda sadari.


Jika Anda melihat bahwa perangkat Anda lebih lambat dari biasanya, membakar daya baterai dengan cepat, atau crash, perangkat Anda mungkin telah cryptojacked. Inilah yang harus dilakukan tentang hal itu:
Tutup situs atau aplikasi yang memperlambat perangkat Anda atau menguras baterai Anda.
Gunakan perangkat lunak antivirus, atur perangkat lunak dan aplikasi untuk memperbarui secara otomatis, dan jangan pernah menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang tidak Anda percayai.
Jangan mengklik tautan tanpa mengetahui ke mana mereka mengarah, dan berhati-hatilah mengunjungi situs web yang tidak dikenal.

Pertimbangkan ekstensi peramban atau pemblokir iklan yang dapat membantu mempertahankan diri dari cryptojacking. Tapi lakukan riset dulu. Baca ulasan dan periksa sumber tepercaya sebelum menginstal alat online apa pun. Beberapa situs web dapat mencegah Anda menggunakan situsnya jika Anda telah memblokir perangkat lunak yang diinstal.



Sumber: 
  • https://www.consumer.ftc.gov/articles/what-know-about-cryptocurrency

iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Rekomendasi Terkait

Rekomendasi Terkait