Mengenal ICO, Pembahasan Lengkap Disini

Initial Coin Offering, dan dalam bahasa Indonesia, Penawaran Koin Awal , adalah mekanisme penggalangan dana di mana proyek-proyek baru menjual token kripto yang mendasarinya dengan imbalan Bitcoin dan Ethereum. Ini agak mirip dengan Penawaran Umum Perdana (Initial Public Offering atau IPO) di mana investor membeli saham perusahaan.

ICO adalah fenomena yang relatif baru tetapi dengan cepat menjadi topik diskusi yang dominan dalam komunitas blockchain. Banyak yang melihat proyek ICO sebagai sekuritas yang tidak diatur yang memungkinkan para pendiri untuk meningkatkan jumlah modal yang tidak dapat dipastikan secara resmi, sementara yang lain berpendapat itu adalah inovasi dalam model pendanaan ventura tradisional. Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) baru-baru ini mencapai keputusan mengenai status token yang dikeluarkan dalam DAO ICO yang terkenal, yang telah memaksa banyak proyek dan investor untuk memeriksa kembali model pendanaan banyak ICO. Kriteria paling penting untuk dipertimbangkan adalah apakah token tersebut lulus tes Howey atau tidak. Jika ya, itu harus diperlakukan sebagai keamanan dan tunduk pada batasan tertentu yang diberlakukan oleh SEC.

ICO mudah untuk disusun karena teknologi seperti ERC20 Token Standard, yang abstrak banyak proses pengembangan yang diperlukan untuk membuat aset kriptografi baru. Sebagian besar ICO bekerja dengan meminta investor mengirim dana (biasanya bitcoin, ethereum dan stellar) ke kontrak pintar yang menyimpan dana dan mendistribusikan nilai yang setara dalam token baru di kemudian hari.

Ada beberapa, pembatasan siapa yang dapat berpartisipasi dalam ICO, dengan anggapan bahwa token sebenarnya bukan keamanan. Dan karena proyek ICO mengambil uang dari kumpulan investor global, jumlah yang dikumpulkan di ICO bisa sangat besar. Masalah mendasar dengan ICO adalah kenyataan bahwa sebagian besar dari mereka menghasilkan uang pra-produk. Ini membuat investasi sangat spekulatif dan beresiko tinggi. Argumen kontra adalah bahwa gaya penggalangan dana ini sangat berguna (bahkan perlu) untuk mendorong pengembangan protokol.

Sebelum kita berdiskusi tentang manfaat ICO, penting untuk memiliki konteks sejarah tentang bagaimana tren dimulai.



Sejarah ICO
Beberapa proyek menggunakan model crowdsale untuk mencoba dan mendanai pekerjaan pengembangan mereka pada tahun 2013. Terkenalnya pra-ditambang 1 miliar token XRP dan menjualnya kepada investor yang bersedia dalam pertukaran untuk mata uang fiat atau bitcoin. Ethereum mengumpulkan sedikit lebih dari $ 18 juta pada awal 2014 - ICO terbesar yang pernah diselesaikan pada waktu itu.

DAO adalah upaya pertama penggalangan dana untuk token baru di Ethereum. Ia berjanji untuk membuat organisasi terdesentralisasi yang akan mendanai proyek-proyek blockchain lainnya, tetapi unik karena keputusan tata kelola akan dibuat oleh pemegang token itu sendiri. Sementara DAO berhasil dalam hal mengumpulkan uang lebih dari $ 150 juta, dan seorang penyerang tidak dikenal mampu menguras jutaan dari organisasi karena kerentanan teknis. Yayasan Ethereum memutuskan tindakan terbaik adalah bergerak maju dengan hard fork, memungkinkan mereka untuk mengisi kembali dana yang dicuri.
Meskipun upaya pertama untuk mendanai token dengan aman di platform Ethereum gagal, pengembang blockchain menyadari bahwa menggunakan Ethereum untuk meluncurkan token masih jauh lebih mudah daripada mengejar putaran benih melalui model modal ventura biasa. Secara khusus, standar ERC20 memudahkan pengembang untuk membuat token kriptografi mereka sendiri di blockchain Ethereum.

Beberapa berpendapat bahwa proyek crowdfunding mungkin adalah "aplikasi pembunuh" Ethereum mengingat ukuran dan frekuensi ICO yang tipis. Belum pernah startup pra-produk mampu mengumpulkan banyak uang dalam waktu sesingkat ini. Aragon mengumpulkan sekitar $ 25 juta hanya dalam 15 menit, Basic Attention Token mengumpulkan $ 35 juta hanya dalam 30 detik, dan Status.im mengumpulkan $ 270 juta dalam beberapa jam. Dengan sedikit peraturan dan kemudahan penggunaan seperti itu, iklim ICO ini telah mendapat sorotan dari banyak pihak di masyarakat serta berbagai badan pengatur di seluruh dunia.


Apakah ICO itu Legal?
Jawaban singkatnya, mungkin. Secara hukum, ICO telah ada di daerah yang sangat kelabu karena argumen dapat dibuat untuk melawan fakta bahwa mereka hanyalah aset keuangan baru dan tidak diatur. Namun, keputusan SEC baru-baru ini telah berhasil menjelaskan sebagian dari wilayah kelabu itu. Dalam beberapa kasus, token hanyalah token utilitas, yang berarti memberikan pemilik akses ke protokol atau jaringan tertentu; dengan demikian mungkin tidak diklasifikasikan sebagai keamanan finansial. Di sisi lain, jika token adalah token ekuitas, artinya satu-satunya tujuan adalah untuk menghargai nilainya, maka token itu lebih mirip keamanan.

Sementara banyak orang membeli token untuk mengakses platform yang mendasari di masa mendatang, sulit untuk menyangkal gagasan bahwa sebagian besar pembelian token adalah untuk tujuan investasi spekulatif. Ini mudah untuk dipastikan mengingat angka penilaian untuk banyak proyek yang belum merilis produk komersial.

Keputusan SEC mungkin telah memberikan beberapa kejelasan tentang status utilitas vs token keamanan. Namun, masih ada banyak ruang untuk pengujian batas-batas legalitas. Untuk saat ini, dan sampai batas peraturan lebih lanjut diberlakukan, pengusaha akan terus mengambil keuntungan dari fenomena baru ini.

Sumber: https://bitcoinmagazine.com/guides/what-ico/

3 Responses to "Mengenal ICO, Pembahasan Lengkap Disini"

  1. Thank you so much for the post you do. I like your post and all you share with us is up to date and quite informative, i would like to bookmark the page so i can come here again to read you, as you have done a wonderful job. ICO list

    ReplyDelete
  2. You have a good point here!I totally agree with what you have said!!Thanks for sharing your views...hope more people will read this article!!! custom writings

    ReplyDelete
  3. This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. 24h schlüsseldienst

    ReplyDelete

> Silahkan berkomentar terkait pembahasan disini.
> Tidak boleh ada yang berbau link spam, phising, pornografi, dan sara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel